Usaha Pemerintahan Afghanistan dan AS meredam perlawanan Taliban.

Minggu, 06 Juni 2010


Segala daya dan upaya di lakukan oleh sekutu dekat AS,Presiden Hamid Karzai untuk meredam perlawanan Taliban di Afghanistan.Salah satu cara di gunakannya adalah dengan menawarkan pekerjaan dan sejumlah uang bagi anggota yang mau keluar dari kelompok itu.Pemerintah Afghanistan dan AS akan memberikan tunjangan dan fasilitas bagi warga yang mau meletakkan senjata.


“Bagi mereka yang akan kembali akan diberi kesempatan untuk bekerja dan memperoleh perlindungan,termasuk bergabung kembali dengan komunitas tempat tinggal mereka.sebagai warga Afghanistan,kita harus hidup damai apa pun resikonya,”kata Karzai kepada BBC,Kamis (21/1).


Kelompok garis keras dan Al Qaida,tegas Karzai,tidak akan diterima oleh masyarakat selama ini,relawan Al Qaida mendapat bayaran lebih tinggi di banding karyawan pemerintah.

Namun Karzai optimis,pemerintah mampu membayar lebih tinggi dibanding Al Qaida,tentu dengan sokongan komunitas internasional.


AS dan Inggris menggelar Konferensi Afghanistan di London,mengenai sokongan AS untuk masalah gaji itu,Karzai mengatakan,”Mereka harus mendukungnya,”kata karzai seperti dikutip AFP.


Dan apapun cara digunakan AS dan sekutunya,namun hal itu tak mampu meredam perlawanan bersenjata dari Taliban dan Al Qaida.Perlawanan sejak tahun 2001 eksis mereka lakukan.karena perlawanan yang mereka lakukan berlandaskan agama,bukan berlandaskan ekonomi.

0 komentar:

Posting Komentar